Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Elektronika —–>  Komunikasi —–> Informasi
Bahasan ini akan membutuhkan banyak hal, karena materinya sangat banyak . Disini, penulis hanya akan menjabarkan secara pokok perkembangan dibidang informasi dan komunikasi yang keduanya bergantung dari berkembangnya bidang elektronika. Kenapa bergantung dari bidang elektronika??? Hal ini karena semua peralatan informasi dan komunikasi menggunakan perangkat elektronika.
Sekitar tahun 1950, dunia elektronika mulai dikembangkan, namun masih menggunakan peralatan yang sangat banyak dan besar. Seiring berjalannya waktu, berbagai penelitian dan penemuan untuk menyederhanakan bentuk jumlah peralatan yang diperlukan terus dilakukan. Mulai dari resistor, transistor, dioda, IC. Misalnya saja Televisi, dahulu, tabung televisi menggunakan Dioda yang sangat banyak dan besar, kemudian berkembang menjadi lebih ringkas dan sederhana, dari situ pula kemudian ditemukan tabung layar datar, kemudian muncul LCD yang lebih simpel dan praktis. Setelah munculnya teknologi LCD, tidak berselang lama ditemukan teknologi LED. Semakin kesini, perkembangannya semakin terus banyak. Sekarang penggunaannya lebih ke teknologi Digital.
     
           
gambar komponen elektronika dan contoh tabung
Dari berkembangnya bidang elektronika, maka bidang komunikasi juga turut berkembang. Yang dulunya menggunakan media kabel untuk berkomunikasi, lambat laun pindah ke media nirkabel, baik melalui media microwave ataupun media v-sat.
Dari sisi media kabel, juga ditemukan media kabel dengan kapasitas yang lebih besar dari kabel yang sudah ada, yaitu media fiber optik. Cara kerja dari media ini adalah dengan sistem cahaya, dan tingkat redudansinya pun sangat kecil,sehinggga kualitas data yang dikirimkan menjadi sangat bagus dan juga bisa dalam jumlah yang banyak. Hanya saja, untuk media ini, diperlukan biaya yang sangat mahal.


Dari sisi media nirkable, dengan mengambil contoh microwave, dahulunya kapasitas data yang bisa dikirimkan hanya kisaran ratusan Kbps. Saat ini, telah ditemukan teknologi pnegiriman data melalui microwave dengan kapasitas 4 STM 1 atau 4 x 155 Mbps.
                    
Selanjutnya, dengan berkembangnya bidang Komunikasi, maka teknologi Informasipun mengikutinya. Dahulu, media informasi hanya sebatas menerima saja, misalnya melalui media cetak,televisi. Namun, sekarang ini, dengan berkembangnya bidang komputer secara umum, informasi yang didapat juga semakin banyak dan akurat, bahkan dapat menjangkau jarak yang cukup jauh sekalipun. Selain itu, akses informasi juga lebih update. Informasi yang diupload sekarang, maka pencari informasi juga bisa mendapatkannya dalam waktu bersaamaan, karena kecepatan pengiriman data yang hanya kurang dari satu detik saja.
   
Berbagai macam cara penyampian informasi telah banyak ditemukan, yang paling banyak digunakan adalh jenis layanan sms, selain itu juga ada e-mail, voip, conference.

0 comments: